>Indonesia harus bangun tempat riset gempa .

>Indonesia adalah salah satu negara yang potensi gempanya tertinggi di dunia. Sementara data tentang gempa bumi di Indonesia masih sangat minim. Akibatnya tentu minimnya pengetahuan tentang gempa.

Staf Khusus Presiden Bidang Bantuan Sosial dan Bencana Andi Arif menjelaskan, Indonesia adalah salah satu dari beberapa negara dengan potensi gempa tertinggi di dunia, sehingga pengetahuan dan data gempa harus segera dimiliki.

Untuk itu, ia menjelaskan, pemerintah sedang mengupayakan pembangunan pusat riset bencana alam, terutama gempa bumi dan tsunami.

Data gempa tentunya sangat bermanfaat untuk memprediksi dan meminimalisir korban-korban akibat bencana.

Dia berharap agar pusat riset gempa tersebut cepat selesi dan bisa beoperasi.

“Semoga bisa cepat beroperasi,” katanya.

Sedikitnya data tentang gempa diakui oleh ahli Geologi Teknik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Danny Hilman Natawidjaja.

Menurutnya Indonesia kekurangan dokumentasi data gempa bumi. Selain itu juga kekurangan ahli atau ilmuwan terkait bencana.

“Sampai sekarang Indonesia belum memiliki peta gempa bumi yang lengkap dan memenuhi standar. Padahal, peta tersebut penting untuk menentukan lokasi pembangunan untuk menunjang investasi,” katanya dalam diskusi bertama “Kepemimpinan Dalam Pengelolaan Bencana: Mencari Formulasi Untuk Indonesia,” di Komplek Istana Negara, Jakarta

Iklan

Komentar ditutup.