>Australia Keluarkan Travel Advisory ke Bali Terkait Virus Legionella

>Denpasar – Sebanyak 11 turis asing, termasuk 9 WN Australia dinyatakan terjangkit penyakit legionella atau Legionnaire Pneumonia (LP) usai berlibur di Bali. Pemerintah Australia pun mengeluarkan travel advisory kepada warganya yang berniat ke Pulau Dewata.

“Travel advisory dikeluarkan pemerintah Australia mulai dua hari lalu. Ini adalah hal yang wajar untuk mengingatkan warganya agar berhati-hati berlibur ke Bali,” kata Humas Pemerintah Provinsi Bali Putu Suardhika, di kantor Gubernur Bali, Jl Basuki Rahmat, Denpasar, Jumat (21/1/2011).

Disebutkan, sebanyak 11 wisatawan asing yang telah positif mengidap penyakit Legionella. Mereka terdiri dari sembilan orang WN Australia, WN Belanda dan Perancis masing-masing satu orang.

Sembilan warga Australia diketahui menderita legionella setelah usai berlibur di Bali pada akhir Desember 2010. Mereka berlibur di kawasan wisata Kuta selama tujuh sampai 10 hari.

Kepala Dinas Kesehatan Bali Nyoman Sutedja menyatakan legionella adalah penyakit saluran pernapasan yang disebabkan oleh virus Legionaire Pneumococcy. Virus ini paling sering mempengaruhi orang dengan usia paruh baya dan lanjut usia.

Gejalanya seperti flu berat, demam, menggigil, nyeri otot, sakit kepala, kelelahan, nafsu makan berkurang, diare, batuk kering dan sesak nafas. Sutedja menambahkan penyakit Legionnaire sebenarnya tidak berbahaya karena dengan minum antibiotik dan perawatan medis maka pasien akan lekas sembuh.

(gds/fay)
m

Iklan

Komentar ditutup.