>Patrialis Kaget Paspor Guyana Milik Gayus adalah Asli

>Jakarta – Berdasarkan keterangan ahli IT Mabes Polri, foto paspor Republik Guyana milik Gayus Tambunan, otentik. Menteri Hukum dan HAM, Patrialis Akbar, mengaku sangat kaget mendengar kabar itu.

“Ya kalau dibilang (paspor Guyana) itu asli ya mungkin saja. Begitu dikasih tahu, kaget juga kita,” ujar Patrialis di kantornya Jl Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (21/1/2011).

Patrialis mempercayakan pada pihak kepolisian untuk bekerja. Menurutnya, kepolisian cukup ahli untuk mengungkap semua itu.

“Itu Polri lebih tahu, karena Polri ahlinya, saya nggak ngerti soal itu,” katanya.

Namun begitu, politisi PAN kembali menegaskan bahwa paspor Guyana tersebut bukan
keluaran Imigrasi Indonesia. “Tapi itukan temuan penyidikan oleh Polri, bukan dari kita justru Polri jauh lebih maju dibandingkan Kumham soal itu,” jelasnya.

Untuk menyelidiki kebenaran paspor Guyana itu, Mabes Polri sudah mengirim tim penyidik ke Guyana. Meskipun dari Kemkumham tidak ikut serta ke Guyana, menurut Patrialis jajarannya tetap akan dilibatkan.

“Kita dilibatkan, tapi kita nggak ikut ke Guyana, karena kita percaya Polisi punya keahlian kok. (Polisi) sudah ngobrol dengan kita, kita sudah berikan masukan dari Dirjen imigrasi paspornya. Jadi nanti kita tinggal tunggu hasilnya dari Polisi,” tandasnya.

Sebelumnya Kabareskrim Komjen Pol Ito Sumardi mengatakan, berdasarkan keterangan ahli IT, foto paspor Guyana milik Gayus otentik.

“Sementara dari keterangan ahli bidang IT, itu asli tapi kan belum ada wujud dari paspor tersebut,” kata Kabareskrim Komjen Pol Ito Sumardi di Auditorium PTIK, Kamis (20/1) kemarin.

Untuk menyelidiki kebenarannya itu, Mabes Polri langsung mengirimkan tim ke Guyana.
Ito mengatakan, Tim yang dikirim ke Guyana telah berkoordinasi dengan jaringan interpol.

“Berangkat ke Guyana, kita juga minta tolong dengan Interpol, jadi semua ini kan ada prosedurnya. Masih menunggu apakah betul paspor itu ada kalau lihat dari bentuknya dan sebagainya,” jelasnya.

(lia/lh)

Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!
m

Iklan

Komentar ditutup.