>Indonesian People, and their lifestyle

>Indonesian People, and their lifestyle

Cuma mau sedikit share aja nih…gw adalah seorang mahasiswa DKV di sebuah Institut di Bandung..ceritanya begini, kemarin lusa gw mendapat kuliah umum dr seorang profesional creative director yang bekerja di salah satu advertising agency di Jakarta, namanya Bpk Hakim Lubis. bahasan dari beliau sangat bagus. salah satunya yang bakal gw bahas dsini adalah tentang “Indonesian People and Their Lifestyle”. Udh bukan rahasia lagi ya di kota2 besar, bahkan mungkin mulai masuk ke pelosok2 daerah, sifat mayoritas orang indonesia yang “LATAH”. masyarakat kita, latah, ikut2an, gaya2an, atau bisa juga disebut mental consumer. sebelumnya maaf kalo ada yg tersinggung setelah baca sedikit tulisan dr gw ini..bukan maksud untuk mengkritik, cuma mau ngebagi pandangan aja buat yg baca. d trima sukur, ga trima ya maafkanlah..
balik ke topik di atas, sebagai generasi muda Indonesia sendiri, gw ngerasa gatel bgt sm mental kebanyakan org2 kita yg suka ikut2an, mental konsumen, mental mainstream. kenapa sih, gampang banget menyerap semua info yg dateng dr luar? era saat ini yg sedang dialami bangsa ini adalah era obesitas informasi. mengapa obesitas? semua yg dateng dr luar , asal ngetrend, langsung aja diserap oleh setiap insan yg menamakan dirinya trendy dan update person. menurut gw update bukan berarti lo tau, bahkan mengkonsumsi apapun yg lo liat diluar yg lg ngetrend dan menyerapnya begitu aja. gw ambil contoh beberapa, dimulai dr era web 2.0 yg sekarang lg dahsyat banget arusnya di dunia, mulai dr FACEBOOK dan TWITTER, siapa yg gtau 2 social networking ini? berlanjut ke gadget, Blackberry, Iphone, Ipad. berlanjut ke beberapa produk konsumsi bahkan lifestyle, mulai dari PB atau Power Balance, berlanjut ke Icecream Magnum yang heboh krn banyak dicari2 sm abg2 mulai dr SD smp SMA bahkan ank Kuliahan juga !

Yang gw bahas bukan merk dan produk di atas,yg gw bahas adalah kita sebagai targetnya..target dr kampanye merk2 diatas sebagai target pasar terbesar di dunia, mulai dr blackberry, beberapa waktu lalu RIM menyatakan tunduk pada peraturan negara kita yang mendesak agar fitur bb yg bs mengakses pornografi di bb agar di stop dan di filter. mengapa sebuah produsen sebesar RIM sampai mau tunduk dengan aturan di negara kita?? karena kita adalah salah satu target pasar terbesar dari berbagai macam produk yg dikeluarkan oleh Blackberry sendiri. RIM tidak akan melepas begitu saja target pasar terbesar mereka.

Melalui studi kasus diatas, gw bisa simpulkan, bahwa kebanyakan org kita, merupakan mental konsumen, kita tidak pernah menjadi raja di negeri sendiri, kita selalu didikte oleh produk2 lain yg berasal dari luar Indonesia. Indonesia sebagai bangsa Latah, Suka ikut2an, sekedar gaya2an, atau memang mental konsumen?? Indonesia sering sekali membuat trending topik di Twitter. mengapa sering? bukan karena topiknya bagus, ttapi lebih kepada unggulnya jumlah penduduk yang dimiliki Indonesia. bayangkan jika 1 org membuat topik di twitter dan cukup 30% saja yg memfollowernya, bisa dibayangkan bahwa saat itulah topik itu yg akan menjadi trending topik. mulai dr piala AFF, Gonzales, Irfan Bachdim, kasus ariel peterporn dengan lady gaga nya yg katanya ingin “nyoba” si ariel, macem2 deh….

Sering kali gw suka ketawa sendiri ngliat berbagai macem fenomena yg kejadian di sini..macem2 bentuknya, macem2 caranya, macem2 pula tanggapannya….mulai dr demam blackberry, demam power balance, demam magnum, demam Piala AFF sampe ke demam irfan bachdim….Lucu ya…
tp smua balik lagi hak masing2 buat ngelakuin apapun, dimanapun, dan kapanpun…gw cm seorang mahasiswa yg berusaha menulis agar bisa dibaca dan mungkin ditanggapi oleh pembaca yg sejalan pikirannya atau bahkan mungkin oleh pembaca yg tidak setuju dengan tulisan ini…sekali lg..just share, no offence , and peace !
b

Iklan

Komentar ditutup.