>Parlemen Indonesia-Malaysia Jajaki Bentuk Kaukus Bilateral

>Jakarta – Terkadang hubungan Indonesia dan Malaysia terlihat mesra. Namun di saat lain kerap tidak akur. Untuk itu parlemen di kedua negara pun menjajaki pembentukan kaukus Indonesia-Malaysia.

“Dalam makan malam tadi saya dan Abu Zahar Ujang dari dewan parlemen Malaysia saling berbincang bagaimana agar kedua negara tidak mudah terpecah belah,” ujar Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR, Hidayat Nur Wahid.

Hal itu disampaikan Hidayat kepada detikcom di Chinggis Khan Hotel, Tokyo Street, Ulaanbaatar, Mongolia, Minggu (23/1/2011). Hidayat baru saja usai menghadiri jamuan makan malam dengan delegasi dari negara-negara yang tergabung dalam Asia Pacific Parliamentary Forum (APPF).

Seperti diketahui, hubungan panas Indonesia-Malaysia antara lain terkait isu Ambalat, tenaga kerja wanita dan pengklaiman atas budaya.

“Jadi di bincang informal tadi disinggung bagaimana parlemen selalu berkomunikasi dan mengklarifikasi bila ada yang mengganjal. Ini penting agar tidak mudah terpecahbelah,” tutur politisi PKS ini.

Dia menambahkan, sebenarnya ide kaukus kedua negara ini bukan barang baru. Parlemen kedua negara telah mewacanakan hal ini sejak beberapa waktu lalu.

“Semoga bisa segera (terbentuk),” harap Hidayat

Iklan

Komentar ditutup.