>Butterbeer, makanan khas Harry potter

>Penggemar serial Harry Potter pasti mengenal butterbeer. Minuman yang disajikan dingin maupun panas ini dapat ditemukan di Leaky Cauldron di Diagon Alley, Three Broomsticks di Hogsmeade, atau di tempat mana pun di dunia penyihir.

Sang penulis buku Harry Potter, J.K.Rowling sendiri mengaku tidak yakin bagaimana cara membuatnya (namanya juga mengarang bebas!).

Tetapi ia membayangkan minuman tersebut mirip dengan butterscotch (semacam sirup atau karamel untuk topping es krim).

Butterscotch sendiri dibuat dari campuran brown sugar dan mentega, juga sirup jagung, vanila, cream, dan garam.

Tidak sulit membuat butterbeer sendiri. Butterscotch dituang di dasar gelas, kemudian limun jahe atau air soda (untuk mengganti gula, gunakan air soda) dituangkan hingga memenuhi gelas.

Dapat juga ditambahkan es krim, susu, atau cream untuk menghasilkan buih yang lebih creamy dan tahan lama. Agar minuman ini terasa lebih kuat, tambahkan rum atau Scotch bersama dengan es krim sebelum limun jahe atau air soda memenuhi gelas.

Nah, sebelum mulai membuat butterbeer, terlebih dulu kita harus membuat saus butterscotch . Pertama, aduk campuran butterscotch dan es krim lebih dulu agar bisa dinikmati dengan sedotan. Lanjutkan dengan menuangkan busa di atasnya.

Spoiler for Bahan untuk saus butterscotch::

Cara membuat saus butterscotch:
Aduk semua bahan, kecuali vanila, di atas api kecil. Didihkan selama 5 menit. Angkat dan tambahkan vanila. Dinginkan sebelum digunakan untuk membuat butterbeer.

Bahan untuk butterbeer:
Es krim vanila, yogurt beku, susu, atau cream.
Butterscotch atau saus karamel
Ginger ale (minuman soda rasa jahe, atau limun jahe)

Cara membuat butterbeer:
* Ambil satu scoop es krim vanila, masukkan ke dalam gelas tinggi, dan campurkan dengan satu atau dua sendok makan butterscotch.
* Aduk hingga es krim tercampur dengan saus butterscotch.
* Tambahkan limun jahe atau air soda hingga memenuhi gelas.
a

Iklan

Komentar ditutup.