>Kelengkeng, ‘Dragon Eyes’ Kaya Vitamin

>

Kelengkeng disebut juga buah ‘dragon eyes’ karena bentuknya putih seperti mata naga. Dan buah ini sudah dikenal sejak ratusan tahun lalu. Konon, buah ini dibawa oleh para imigran China ke negara Asia lain, termasuk di Indonesia.

Bentuknya bulat, dengan daging tebal yang mengelilingi daging buah. Dibungkus oleh selaput tipis yang melindungi dari kulit. Tumbuh sepanjang ranting cukup lebat, dan biasanya bergerombol.

Rasanya? jangan ditanya, semua orang pasti suka. Tak peduli dimakan begitu saja atau dibuat racikan es, atau diminum dengan teh setelah dikeringkan hmm… it’s so yummy!

Buah ini seringkali muncul di perayaan hari raya Imlek bukan karena bentuknya seperti mata naga lho. Jadi, menurut cerita, buah ini merupakan buah dewa yang melambangkan doa dan harapan bagi para anak-anak, cucu dan keturunan agar diberkati dan diberi kelimpahan sepanjang hidup mereka. Untuk itu, selain jeruk, buah ini hadir sebagai suguhan.

Inilah kandungan nutrisi buah longan:

Vitamin A
Vitamin B10
Vitamin B2
Niacin
Vitamin C
Protein
Kalsium
Fosfor
Zat besi
Karbohidrat dan lemak

Menurut ilmu kedokteran, kelengkeng punya beberapa manfaat kesehatan, di antaranya:

* Menyembuhkan sakit perut, insomnia, dan amnesia
* Menutrisi sel-sel darah dan memberikan efek relaks pada sistem saraf
* Di Vietnam, buah ini digunakan untuk melawan racun akibat gigitan ular. Hingga saat ini, masih dipraktekkan

Namun, jangan terlalu banyak mengonsumsi buah ini ya. Buah kelengkeng punya kadar alkohol yang cukup tinggi, sehingga Anda yang metabolisme tubuhnya sedang kurang baik, jadi mudah terserang radang tenggorokan dan sariawan jika mengonsumsi buah kelengkeng terlalu banyak, setidaknya itulah pesan para orang tua.(kpl/IKA)

Iklan

Komentar ditutup.