>Mengungkapkan Sayang pada Anak dengan Ciuman

>

Tak semua orang merayakan Valentine, atau hari kasih sayang. Namun tak ada salahnya memaknai perayaan kasih sayang dengan mengevaluasi kembali sejauhmana Anda, sebagai orangtua, menunjukkan cinta dan kasih sayang kepada anak-anak. Bagaimanapun, perasaan sayang perlu diungkapkan, agar anak Anda memahami besarnya cinta orangtua terhadapnya.

Inilah yang penting bagi pesinetron, Vira Yuniar (29), yang baru-baru ini menjajal panggung teater bersama penyair mbeling kawakan Remy Sylado. Perempuan kelahiran Kepulauan Riau, 1 September 1981 ini, mengaku pujian adalah perkataan wajib yang diberikannya kepada kedua anaknya, Cut Shalinni (6) dan Teuku Prayaa (5).

“Saya tidak merayakan Valentine secara khusus, namun saya mencari arti sendiri mengenainya. Setiap hari adalah waktunya mengungkapkan kasih sayang. Selalu menghadirkan anak-anak dalam kegiatan saya menjadi salah satu caranya. Cara lainnya memberikan ciuman kepada anak setiap hari menjadi bentuk ungkapan kasih sayang saya sebagai ibunya. Bonding yang dibangun dari hati membuat anak merasa peka. Anak punya naluri untuk mengetahui sebesar apa cinta orangtuanya,” jelas Vira, saat ditemui Kompas Female usai memerankan tokoh Tukiyem dalam sandiwara menyanyi di Gedung Kesenian Jakarta, Sabtu (5/2/2011) lalu.

Selain pujian dan ciuman, Vira mengaku juga intens membangun ikatan ibu-anak bersama kedua anaknya. Mengajak anak saat syuting bukan aktivitas baru bagi keluarganya. “Jika memungkinkan, anak-anak saya ajak ke tempat saya bekerja,” jelasnya. Menurut Vira, anak bisa belajar banyak hal dari lingkungan di sekitarnya, termasuk lingkungan pekerjaan ibunya.

Kebersamaan dan mengungkapkan perasaan bagi Vira penting agar ikatan ibu-anak lebih kuat. Benar saja, kini setelah kedua anaknya semakin tumbuh besar, mereka tak sungkan menunjukkan perasaannya. “Anak kedua saya tiba-tiba saja suka mencium atau minta cium. Dan dia senangnya selalu berdekatan dengan saya. Kebiasaannya itu melilit-lilit rambut kalau sudah dekat saya,” Vira menggambarkan perilaku anaknya. Sikap anak-anak yang akrab ini bukan menunjukkan kemanjaan. Karena diakui Vira, kedua anaknya tumbuh mandiri, terutama anak perempuannya.

“Anak-anak tidak pernah tergantung dengan orang lain, dengan pengasuh misalnya. Kalau tidak ada kesibukan, saya lebih memilih bersama anak-anak. Kalaupun harus dititipkan, saya lebih memilih neneknya untuk mengawasi,” lanjut Vira.

Bagaimana dengan cara Anda menunjukkan kasih sayang kepada si kecil? Jika ingin tahu seberapa penting ungkapan perasaan yang diberikan orangtua kepada anak, Anda bisa menghadiri kegiatan talkshow Kompas Female di Mal Karawaci Tangerang, Minggu (13/2/2011) bersama pakar dan selebriti.

Iklan

Komentar ditutup.