>Kurang Tidur Berefek Mematikan

>Tidur terlalu larut bisa menjadi menjadi bom waktu bagi kesehatan dan berakibat mematikan karena beresiko serangan jantung dan stroke. Demikian kesimpulan hasil penelitian yang menganalisa data lebih dari 470.000 orang di 8 negara.

“Jika Anda tidur kurang dari 6 jam setiap malam dan sering mengalami gangguan tidur, maka Anda beresiko 48 persen terkena serangan jantung mematikan dan 15 persen beresiko terkena stroke,” kata Dr.Francesco Cappucino dari Warwick Medical School, Inggris.

Dalam siaran pers-nya para peneliti mengungkapkan kurang tidur yang kronik atau sudah berlangsung lama akan menyebabkan tubuh memproduksi hormon dan zat kimia tertentu yang akan meningkatkan risiko terbentuknya penyakit jantung dan stroke, tekanan darah tinggi dan kolesterol serta diabetes dan obesitas.

“Tantangan untuk menyeimbangkan pekerjaan dan kehidupan pribadi membuat kebanyakan orang mengorbankan waktu tidurnya. Padahal dengan melakukan hal tersebut kita membahayakan kesehatan karena peningkatkan risiko stroke atau penyakit jantung,” kata Cappuccio dalam riset yang dipublikasikan di European Heart Journal.

Tidur 7 jam setiap malam disebutkan akan melindungi kesehatan dan mengurangi risiko penyakit kronik.
a

Iklan

Komentar ditutup.