>Titik-titik Tekan yang Menyehatkan

>

Jauh sebelum ditemukan jarum suntik dan obat-obatan, bangsa China lebih dulu mengenal teknik akupresur. Metode ini relatif mudah dan murah karena hanya membutuhkan kedua tangan. Anda pun dapat menjaga kebugaran maupun mengatasi beragam keluhan secara mandiri.

Seperti dijelaskan Salomo B Simanjuntak, Akp., prinsip akupresur adalah menekan atau merangsang titik-titik akupuntur yang ada di permukaan tubuh. Hal ini dimaksudkan untuk menyelaraskan energi vital tubuh atau sumber daya kekuatan tubuh (chi), sumber daya kekuatan tubuh (prana) maupun tenaga dalam yang terdiri dari unsur yin dan yang.

Penyelarasan aliran energi ini sangat memengaruhi kualitas kesehatan seseorang. Artinya, ketika aliran ini terhambat atau berkurang, tubuh akan sakit. Jika aliran ini selaras atau baik, derita sakit akan berkurang bahkan hilang sehingga badan jadi sehat.

Salah satu teknik untuk melancarkan energi vital adalah akupresur dengan menekan titik tertentu atau biasa disebut acupoint. Menggunakan telunjuk maupun ibu jari untuk menstimulasi aliran energi di meridian. Teknik ini sudah digunakan ratusan tahun dengan sangat aman dan efektif. Akupresur sangat mudah dipelajari dan juga membutuhkan hanya sedikit waktu untuk menerapkannya.

Acupoint terletak di seluruh tubuh, di dekat permukaan kulit, dan terhubung satu sama lain melalui jaringan meridian yang kompleks. Ada ratusan acupoint di meridian seluruh tubuh.

Setiap acupoint mempunyai efek khusus pada sistem tubuh atau organ tertentu. Menstimulasi dan memijat secara lembut titik tersebut akan merangsang terjadinya perubahan fisiologi tubuh dan memengaruhi keadaan mental dan emosional.

Titi-titik bermanfaat

Berikut beberapa titik akupresur yang dapat Anda pelajari dan bermanfaatkan guna mengatasi beberapa keluhan:

Seputar kepala

– Lakukan akupresur di titik yang terletak di kepala bagian tengah, yakni antara garis yang menghubungkan kedua telinga dan garis yang ditarik dari bagian tengah hidung. Efektif mengurangi rasa tegang di kepala.

– Lakukan akupresur di titik yang terletak di sudut mata bagian luar. Efektif mengurangi rasa tegang di dahi dan nyeri sekitar mata.

– Lakukan akupresur di titik yang terletak di belakang pergelangan kaki. Efektif mengurangi nyeri kepala dan leher kaku.

– Lakukan akupresur di titik yang terletak di tengah antara dua alis. Efektif mengurangi nyeri kepala bagian depan dan nyeri kepala akibat hidung tersumbat.

– Lakukan akupresur di titik yang terletak satu ibu jari dari ujung alis mata dan sudut luar mata. Efektif mengurangi nyeri akibat migrain dan nyeri mata.

Seputar pencernaan

– Titik yang terletak empat jari di bawah tempurung lutut merupakan titik penguat sistem pencernaan dan mengurangi nyeri kepala akibat ketidakseimbangan sistem pencernaan, intoleransi makanan, dan kelelahan.

– Pemijatan dari pusar samping kiri kanan dua cun (titik usus besar), efektif memperbaiki fungsi limpa, lambung, usus, dan mengusir angin.

– Pemijatan pada tonjolan di geraham (mengigit dengan keras ada sebuah tonjolan otot), efektif untuk mengusir angin.

Membuat rileks

– Akupresur di pergelangan tangan (bagian bawah dalam) mampu menyelaraskan darah dan ritme jantung.

– Lakukan akupresur di titik yang terletak di kepala bagian tengah, yakni antara garis yang menghubungkan kedua telinga dan garis yang ditarik dari bagian tengah hidung.

– Titik yang terletak di dekat pergelangan tangan sejajar dengan jari kelima, efektif membuat rileks tubuh. Merupakan titik kunci untuk mengurangi segala kecemasan dan gangguan tidur.

– Titik yang terletak di antara tendon, tiga jari di atas pergelangan tangan, efektif mengurangi kecemasan dan membuat rileks tubuh.

Catatan:

– Satu cun sama dengan jarak antara kerutan persendian buku jari tangan.

– Lakukan pemijatan (akupresur) tiap titik selama 30 detik hingga dua menit.

– Posisi orang yang dipijat sebaiknya telentang atau duduk, tidak dalam keadaan berdiri.

– Sebelum memijat tangan dicuci bersih, tidak berkuku panjang dan tajam.

– Wanita hamil tidak boleh dipijat pada beberapa titik akupresur (terutama di bagian yang langsung ke janin seperti perut).

– Alat bantu pijat yang digunakan bersih, tidak tajam dan menyakitkan.

– Pemijatan dapat dilakukan dengan ujung-ujung jari, kepalan tangan, telapak tangan, pangkal telapak tangan, dan siku. Tidak diperkenankan menggunakan lutut atau telapak kaki
sumber : http://www.gayahidupsehatonline.com/
Iklan

Komentar ditutup.