>Paha Mulus Tanpa Selulit

>

MENGENAKAN gaun hitam membungkus tubuh atau berbusana santai dengan boy short (celana pendek) siapa sih yang tak ingin, apalagi jika Anda memiliki tubuh seksi. Namun tiba-tiba Anda dilanda perasaan takut dan tidak pede, ketika orang-orang di sekitar Anda mulai memperhatikan timbunan lemak di bawah lengan atau di sekitar paha Anda.

Ya, lagi-lagi selulit mengganggu penampilan Anda. Jangan dulu cemas, karena tanpa perlu operasi lyposuction (sedot lemak, red), Anda bisa menghapus lemak-lemak itu dari tubuh dengan olahraga dan mengatur pola makan yang bergizi.

Menurut Dr Imran Mansuri, pelatih dan ahli fisioterapi dari pusat kebugaran “Talkwalkars”, wanita cenderung memiliki tumpukan lemak di bawah paha dan pinggulnya. Jaringan lemak pada tubuh ini berhubungan dengan obesitas (kegemukan) yang hadir lebih sering pada wanita dibandingkan pria.”

Nah, berikut ini beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan paha ramping, mulus, bebas selulit:

Sprint

Olahraga lari cepat jarak pendek dipercaya membantu menghilangkan lemak-lemak dari tubuh Anda. Selain itu, “sprint juga meningkatkan metabolisme dan membuat otot tubuh lebih kencang dan ramping,” ungkap Leena Mogre, direktur Leena Mogre’s Fitness Centre. Ditambahkan Leena, sprint juga membantu mengencangkan otot kaki Anda. Mulailah sprint dengan jarak 50-100 m (sampai dengan 1 Km) dua kali setiap hari dan perlahan-lahan tingkatkan menjadi 5 km.

Walking Lunges

Walking lunges (senam dengan gerakan menekuk lutut) sangat membantu melatih paha bagian dalam dan otot glute,” ujar Leena. Untuk mendapatkan efek yang lebih baik, Leena menyarankan menggunakan barbel atau beban saat latihan walking lunges.

1. Berdirilah dengan kaki membuka dengan barbel di kedua tangan di atas kepala,
2. Sekarang, letakkan kaki kanan sekitar 2 meter di depan kaki kiri
3. Tekuk lutut kanan sehingga paha sejajar dengan tanah
4. Dalam posisi lengan tangan lurus ke atas, tahan barbel selama sepuluh detik di tangan. Lalu, turunkan tangan hingga posisi lengan lurus ke bawah. Kembali tahan barbel selama sepuluh detik.
5. Ganti posisi, dimana kaki kiri berada sekitar 2 meter di depan kaki kanan. Ulangi point ke-4.

Lakukan sebanyak 15 kali, jika menggunakan barbel cobalah sampai pengulangan 30 kali.

Plie squats

Plie squats juga bekerja pada bagian dalam paha Anda,” ujar Leena.

1. Berdirilah dengan kedua kaki terbuka lebar ke arah keluar
2. Jaga punggung tetap lurus, lalu perlahan tekuk lutut sehingga membentuk sudut. Usahakan posisi lutut sejajar dengan kaki Anda.
3. Tahan posisi Anda selama sepuluh detik.

“Anda bisa juga melakukan plie squats dengan barbel,” kata Leena.

Steps up

Latihan steps up membantu mengencangkan otot kaki dan pinggul, hal ini diungkapkan Leena. “Anda dapat mulai melakukan steps up sebanyak 50 kali dalam sehari dan perlahan lakukanlah latihan dengan barbel di kedua tangan yang membantu otot kaki mengencang sempurna,” demikian diungkapkan Leena.

Cukup lakukan latihan di stepper aerobik. Letakkan kaki kanan Anda diatas bidang stepper, lalu dorong dan letakkan kaki kiri Anda bergantian dengan kaki kanan.

Leg raises

Berdiri dengan satu kaki, dan kaki lainnya terbuka mengambang di udara sangat membantu otot kaki depan, belakang dan samping juga pantat mengencang sempurna, apalagi jika ditambahkan beban di tangan, ungkap Imran.

Agar paha juga mengencang, Anda bisa mencoba variasi dengan kaki berjinjit sehingga telapak kaki bagian depan menumpu tubuh. Lakukan latihan ini setiap hari sebanyak 30 kali dan pengulangannya.

Front leg raises

Berdirilah dengan punggung lurus, rentangkan tangan ke depan dengan telapak tangan menghadap ke bawah. Lalu angkat kaki kanan sehingga menyentuh telapak kaki kanan Anda. Lakukan latihan ini sebanyak 60 kaki, dan lakukan juga pada kaki kiri, untuk mendapatkan hasil sempurna.

Chair leg raises

“Duduk di kursi dengan posisi punggung lurus membantu mengencangkan bagian depan paha. Perlahan naikkan lutut kaki kanan dengan lutut mengarah ke bawah,” jelas Imran. Lakukan latihan ini sebanyak 30 kali dan pengulangannya juga.

Diet melawan selulit

Selulit yang menjengkelkan bisa dicegah dengan diet tepat. Beberapa makan dipercaya mampu menghilangkan semua simpanan menyebalkan di tubuh Anda.

Berikut ini diet yang bisa Anda lakukan:

1. Asupan makanan Anda setidaknya harus mengandung protein, saran Leena. Pastikan rasio karbohidrat dan protein serta lemak di dalam makanan Anda, 65:25:25 (Karbohidrat:Protein:Lemak). Jangan lupa sertakan juga sayur dan buah-buhaan untuk menyeimbangkan gizi asupan makanan Anda.

2. Makanlah makanan yang mengandung antioksidan seperti blueberry, blackcurrant, ceri, raspberry, stroberi, juga cranberry. “makanan ini untuk mencegah kerusakan jaringan tubuh,” ungkap Sushila Sharangdhar, ahli gizi dari Mumbai. Pepaya yang mengandung papaine dipercaya juga dapat membantu mempertahankan elastisitas kulit sehingga tetap terlihat halus.

3. Aluran darah yang tersumbat sehingga menganggu pelepasan racun dalam tubuh juga dapat menyebabkan selulit. Dengan mengonsumsi buah-buahan seperti mangga dan pisang, akan meningkatkan sirlulasi dan mencegah retensi air.

“Lecithin, komponen umum yang ditemukan di dalam lemak hewan juga mencegah timbulnya selulit,” kata Sushila. Makan yang mengandung lecithin diantaranya, apel, bayam, woretl dan juga alpukat.

Selain itu kolagen sebagai sumber protein yang membantu menghaluskan kulit juga bisa membantu mengatasi selulit di bawah paha.

“Buah lemon, jeruk dan kacang-kacangan seperti kacang polong dan kacang kedelai serta daging unggas dan produk susu adalah sumber kolagen yang baik,” ungkap Sushila.

Iklan

Komentar ditutup.