>Tips Cerdas Menjadi ‘Super Mom’

>

MENJADIsuper mom‘ tak berarti Anda harus keluar dari rumah dan merintis karir, hingga terkadang lupa kodratnya sebagai istri dan juga seorang ibu. Anda hanya perlu menjadi ibu sejati yang selalu mendukung dan memberikan perhatian dan waktunya yang berkualitas untuk keluarga, suami dan putra-putrinya di rumah
Berikut ini tips-tips cerdas menjadi ‘super mom‘:
#1 Saat berbelanja, belilah beberapa buku atau mainan untuk putra-putri di rumah. Tak perlu harus mahal. Saat mereka mulai dilanda bosan, keluarkan mainan dan buku baru ini. Ini seperti sebuah kejutan menyenangkan untuk melenyapkan kebosanan mereka.
#2 Kenalkan sedini mungkin kepada putra-putri Anda tentang kecintaan terhadap lingkungan. Mulailah dengan mengajari mereka untuk berhemat air dan listrik serta mengolah limbah menjadi sesuatu yang menghasilkan. Siapalagi yang akan mengurus bumi kita di masa depan, kalau bukan anak dan cucu kita. Betul, kan?
#3 Alih-alih membacakan banyak cerita untuk putra-putri Anda, sesekali minta juga mereka membacakan buku untuk Anda. Hal ini akan mendorong kecintaan mereka terhadap buku dan membaca. Anda bisa belajar bersama putra-putri Anda tentang kosa kata atau istilah-istilah baru yang ditemukan dan memahami makna yang terkandung di dalamnya.
#4 Meski terdengar sederhana, namun jangan remehkan kekuatan sebuah pelukan. Peluklah mereka seerat dan sesering mungkin. Inilah perwujudan kasih sayang yang bisa ditunjukkan setiap hari, setiap saat, tak perlu dengan pemberian materi yang berlebih. Sebuah pelukan hangat akan sangat berarti untuk putra-putri Anda, biarkan mereka tahu bahwa Anda menyayangi mereka melebihi apapun di dunia ini.
#5 Ciptakan selalu suasana riang dan gembira di dalam rumah. Anda bisa mengajak buah hati bermain bersama di kebun belakang rumah atau di taman depan rumah. Kembalilah menjadi anak-anak seperti jaman kanak-kanak dulu, nikmati bermain sepak bola, lompat tali atau petak umpet bersama si kecil. Selain menyenangkan, ini bisa mencegah Anda dari stres.
#6 Biarkan putra-putri Anda memilih olahraga atau kegiatan yang mereka sukai, misal bermain musik atau melukis. Anda hanya perlu mengarahkan mereka untuk bersungguh-sungguh menekuni hobi dan kesenangannya. Demi mengembangkan bakat dan ketrampilannya, dukung juga dengan memfasilitasi segala aktivitas positif mereka.
#7 Mengacu pada tips nomor 2. Go green! Tanamkan hal ini dalam diri putra-putri Anda sedini mungkin. Ajaklah mereka berkebun dan menanam sayuran atau buah-buahan di belakang rumah. Biarkan tangan-tangan mungil mereka bersentuhan dengan tanah dan kotoran saat mereka membantu Anda menggali lubang, menamam bibit tanaman dan menyiraminya. Buah hati Anda akan sangat bangga memetik dan menikmati hasil kebunnya.
#8 Sesekali waktu bebaskan diri Anda mengurus buah hati. Biarkan anak-anak bebas sementara dari pengawasan dan pengasuhan Anda. Hal ini baik untuk membantu mereka lebih mandiri menyelesaikan permasalahan yang dihadapi saat Anda tidak ada di sisi mereka. Namun, meski dari jauh Anda bisa terus memantau, jika mereka membutuhkan pertolongan Anda.
#9 Biarkan pitra-putri Anda masuk dapur dan bergulat bersama Anda menyiapkan makanan. Tak usah cemas mereka akan terkena tajamnya pisau, atau terkena percik minyak panas saat menggoreng. Ini bisa jadi ajang latihan bagi mereka agar bisa mahir memasak masakan enak untuk keluarganya kelak setelah dewasa. Bagikan juga pada mereka tentang resep rahasia keluarga yang diwariskan dari generasi ke generasi.
#10 Lupakan sejenak hirup pikuk shopping centre atau mal. Sesekali perlu juga mengajak putra-putri Anda mengunjungi museum atau berkemah di hutan. Selain refreshing, hal ini bermanfaat untuk menambah wawasan dan menumbuhkan kecintaan mereka terhadap sejarah peradaban. Pun, bercengkerama dengan alam akan memotivasi mereka untuk menjaga kelestarian bumi dan segala isinya.
Iklan

Komentar ditutup.