>Trik Hemat Minyak Goreng

>

MINYAK goreng. Sembako yang satu ini memang menjadi barang wajib yang harus ada di dapur. Meski makanan yang direbus atau dikukus jauh lebih sehat, namun untuk urusan mengolah masakan, minyak goreng tetap tak pernah bisa dipisahkan dari urusan masak-memasak. Harga minyak goreng yang kerap menjulang tinggi pun mau tak mau membuat ibu harus pintar berhemat.
Agar tetap bisa mengonsumsi makanan sehat namun tetap bisa berhemat, inilah beberapa trik jitu yang bisa Anda lakukan:
1. Menggoreng ikan atau ayam memang membutuhkan minyak goreng yang banyak agar hasilnya tidak gosong. Agar lebih hemat, teknik memasak deep frying bisa dilakukan. Tuangkan minyak goreng secukupnya saja di wajan. Ingat, terlalu banyak minyak goreng untuk menggoreng malah membuat matangnya jauh lebih lama. Akibatnya pemakaian gas pun jadi ikutan boros.
2. Agar menghemat minyak goreng, setelah memasak Anda dapat menampung bekas pakai minyak goreng. Simpanlah minyak goreng yang masih kekuning-kuningan di dalam wadah yang bersih. Minyak ini bisa digunakan sampai dua kali, misal untuk menggoreng, seperti krupuk, tempe, tahu, bawang atau kacang.
Untuk penggunaan minyak goreng setelah empat kali, pisahkan di wadah yang berbeda. Ingat, minyak yang sudah sering dipakai warnanya akan berubah gelap dan kehitam-hitaman, dan tak baik digunakan kembali karena mengandung lemak tinggi. Untuk minyak goreng bekas pakai menggoreng makanan berbau khas dan amis seperti ikan, lebih baik dipisahkan di wadah yang berbeda.
3. Saat menggoreng, tak ada salahnya menunggu wajan panas terlebih dulu, baru tuangkan minyak secara perlahan dan merata di seluruh permukaan. Cara ini bisa menghemat penggunaan minyak goreng.
Agar pemakaian minyak goreng lebih hemat, pilih juga wajan yang datar, atau tidak berceruk. Dengan begitu penggunaan minyak goreng akan jauh lebih sedikit dibandingkan saat Anda menggoreng di wajan yang cekung
Iklan

Komentar ditutup.